Posisi Tubuh Saat Menggunakan Komputer

Menggunakan komputer pastinya sering dilakukan oleh masyarakat sekarang. Komputer telah menjadi kebutuhan. Selain itu, di era modern ini pasti komputer sangat berpengaruh terhadap setiap pekerjaan. Hal ini menyebabkan gadget menjadi penting.

Masih banyak orang yang salah atau tidak benar dalam menggunakan komputer. Perlu diketahui, menggunakan komputer itu ada prosedurnya, contohnya posisi tubuh. Posisi tubuh secara tidak langsung dapat berpengaruh pada kesehatan. Oleh karena itu, kita harus mengetahui bagaimana posisi tubuh yang benar saat menggunakan komputersesuai ergonomis.


1. Kepala dan Leher

Kepala dan leher harus lurus dan tegak mengadap monitor. Jangan mengadah ke atas atau menunduk ke bawah. Hal tersebut bisa menyebabkan sakit pada bagian leher.

2. Pandangan Mata

Jarak antara mata dengan monitor yaitu 35-60 cm agar radiasi tidak terlalu besar sehingga mata pun tidak cepat lelah.

3. Monitor

Letak monitor jangan terlalu tinggi dari pandangan mata. Letakkan monitor sejajar atau lebih rendah dari mata kita.

4. Posisi Pundak

Pundak tetap rileks. Jangan terlalu ke bawah atau terlalu ke atas. Hal tersebut agar otot-otot pada pundak tidak tegang.

5. Posisi Punggung


Punggung merupakan bagian yang paling sering dikeluhkan para pengguna komputer. Posisi punggung yang baik harus ditunjang dengan tempat duduk yang nyaman dan tepat. Posisi punggung yang baik yaitu tegak, tidak membungkuk, tidak miring ke kanan atau kiri, dan tidak bersandar terlalu ke belakang. 

6. Posisi Lengan dan Siku


Lengan dan siku mesti tegak lurus sejajar terhadap keyboard dan mouse. Posisi lengan tidak boleh terlalu  di bawah atau di atas keyboard dan mouse. Kemudian, posisi siku membentuk 90 derajat dan tangan berada di samping badan.

7. Posisi Kaki

Kaki diletakkan ke lantai/sandaran kaki. Seluruh telapak kaki menyentuh. Paha dan betis membentuk sudut lebih dari atau sama dengan 90 derajat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis SWOT Pada JD.id

Pengertian Blog