Pembajakan Akun Facebook dan Cara Pencegahannya

Pembajakan akun Facebook dan cara mencegahnya

  1. Jangan mudah menerima permintaan pertemanan dari orang yang sama sekali belum Anda kenal, terutama yang tidak memiliki mutual friend.
  2. Pertimbangkan 'Mutual Friends' untuk menerima permintaan pertemanan dari orang lain.
  3. Anda bisa mengirimkan pesan kepada orang yang mengirimi anda permintaan pertemanan, dengan maksud menanyakan siapa dia, dengan tujuan mendapatkan informasi yang jelas tentang calon teman anda.
  4. Jangan pernah memberitahu sejumlah informasi pribadi yang sekilas nampaknya tidak penting tetapi ternyata merupakan kunci untuk membobol akun email Anda. Pertanyaan yang mungkin saja jadi pertanyaan keamanan akun anda seperti binatang kesayangan, tempat wisata favorite, nama orang tua, dsb.
  5. Anda mungkin tanpa sadar telah memaparkan informasi rahasia seperti yang telah disebutkan dalam point 4, tanpa sengaja kedalam postingan status ataupun caption foto yang and upload.
  6. Selalu cek email anda secara berkala sekurang-kurangnya satu bulan sekali. pada beberapa layanan penyedia email gratis seperti yahoo, punya kebijakan seperti akan menghapus email yag tidak pernah dibuka dalam kurun waktu 6 bulan.
  7. Selalu tambahkan alamat email pemulihan dalam email utama anda, untuk menghindari pembajakan melalui email, bisa juga anda tambahkan nomor telepon di akun anda, namun anda harus ingat agar memastikan nomor telepon yang anda masukkan itu masih aktif dan belum kadaluarsa. hal ini dikarenakan nomor telepon tersebut mempunyainfungsi yang sama dengan email pemulihan.
  8. gunakan password dengan tingkat kerumitan tinggi (misal : campuran angka dan huruf), hindari menggunakan data yang mudah diingat tentang diri anda (misal : tanggal lahir, nama sekolah, nomor handphone, dsb)
  9. Apabila Anda terlanjur menjadi korban pembajakan akun facebook maka Anda dapat melakukan 4 hal.
    1. Pertama, peringatkan semua orang bahwa akun Anda telah dibajak
    2. Kedua, secepatnya (Anda berlomba dengan si pembajak sebelum dia mengganti alamat email utama dan sekunder Anda) mencoba untuk mendapatkan kembali akun Anda melalui prosedur lupa atau kehilangan password. Apabila berhasil, segera ganti alamat email Anda dan passwordnya dan sembunyikan jangan ditampilkan dengan mengubah setting keamanan akun Anda. Jangan buru-buru log out untuk mencegah si pembajak mencoba mengambil alih juga. Dan jangan log out sampai Anda berhasil mengganti alamat email utama dan sekunder Anda serta mengisi password yang baru sekaligus menerapkan setting pengamanan yang lebih tertutup (melindungi/menyembunyikan alamat email Anda).
    3. Ketiga, melaporkan kepada tim keamanan facebook bahwa akun Anda telah dibajak, alamatnya adalah: http://www.facebook.com/help/?page=1023 atau apabila link tersebut telah berubah Anda dapat mencarinya di halaman HELP. Anda akan diminta mengisi form dan selanjutnya akan ada korespondensi dengan tim keamanan facebook yang akan berusaha mengkonfirmasi kebenaran laporan Anda dan apabila semua berjalan dengan baik, mungkin akun Anda dapat dikembalikan. Namun pastikan bahwa sebelum melaporkan, Anda sudah memiliki alamat email yang baru dan aman.
    4. Yang keempat, apabila semua upaya mengembalikan akun Anda gagal, maka segeralah membuka akun facebook baru, amankan informasinya agar tidak dibajak orang lagi dan add semua teman Anda (semoga Anda melakukan back up). Kemudian bersama-sama ajaklah mereka semuanya untuk melaporkan akun lama Anda yang dibajak tsb. Sebagai akun yang melakukan abuse, fraud, compromise dan impersonating sehingga nanti akan ditutup atau diblokir oleh facebook.
  10. Yang terakhir jangan gunakan alamat email, username dan password yang sama untuk semua layanan online yang Anda ikuti. Selalu update pengetahuan Anda mengenai isu keamanan layanan jejaring sosial dan senantiasa waspada ketika aktif di dunia maya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis SWOT Pada JD.id

Posisi Tubuh Saat Menggunakan Komputer

Pengertian Blog