Mengenal Hacker

Mengenal Apa Itu Hacker


Hacker adalah seseorang yang memiliki keahlian berkenaan sistem komputer dan pemrograman. Istilah hacker sendiri mengalami perkembangan pengertian dan definisi. Kata “hacker” mulai muncul di akhir tahun 1950-an, merujuk pada para programmer mahir. Kemudian di tahun 1970-an, istilah hacker digunakan untuk menggambarkan para revolusioner komputer yang menjadi cikal-bakal para pendiri perusahaan komputer. Akhir tahun 1980-an, kata hacker identik dengan pembajakan video game dengan menghilangkan proteksi dan menjualnya. Dan saat ini banyak yang mengartikan negatif bahwa hacker adalah seseorang yang menerobos sistem komputer guna mengumpulkan informasi, menolak akses, menghapus file, atau mengacaukan sistem komputer.

Hacking adalah kegiatan memasuki system melalui system operasional lain yang dijalankan oleh Hacker. Tujuanya untuk mencari hole/bugs pada system yang akan dimasuki. Dalam arti lain mencari titik keamanan system tersebut. Bila hacker berhasil masuk pada system itu, hacker dapat mengakses hal apapun sesuai keinginan hacker itu. Dari kegiatan yang mengacak system maupun kejahatan.

Kasus Hacking yang terjadi di Indonesia:

Menghack Satelit china

Seorang bernama Jim Geovedi berhasil menghack satelit milik Indonesia dan China yang mengakibatkan bergesernya posisi dari satelit, beruntungnya satelite tersebut memiliki bahan bakar yang cukup untuk kembali pada posisi awal sebelum di hack oleh Jim Geovedi.

Menghack Situs Telkomsel

Peretasan situs website milik telkomsel ini didasari atas kekecewaan terhadap harga kuota internet yang melambung sangat tinggi dibandingkan dengah harga internet dari jaringan lain. Peretas hanya mengubah tampilan website dengan kata-kata seperti dibawah ini:



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis SWOT Pada JD.id

Posisi Tubuh Saat Menggunakan Komputer

Pengertian Blog